Seberapa penting menggunakan sepatu saat memanjat gunung? Berdasarkan keterangan dari saya tersebut sama pentingnya dengan pendakian tersebut sendiri. Tapi barangkali ada diantara agan terdapat yang berasumsi tidak terlalu urgen jadi mendaki melulu menggunakan sandal gunung, ane kagak menyalahkan, ini melulu pendapat pribadi.

Sedikit sharing, minggu kemudian ane bareng teman-teman memanjat gunung Gede dan sejumlah dari kami nyaris dilarang naik sebab tidak memakai sepatu. Akhirnya mereka diajak membuat surat pengakuan bahwa andai di lain peluang masih mengerjakan hal yang sama, mereka tidak diperbolehkan naik. Parahnya, surat itu harus dibubuhi materai. What the…

Bayangin aja, subuh-subuh jam 2 diajak nyari materai (tapi barangkali di desa yang agak kebawah dari pos ada). Untungnya, istri ane yang pun ikut ndaki ternyata bawa materai yang telah menghuni dompetnya semenjak 2010. Jadilah surat tersebut dibubuhi materai.

Melindungi kaki dari medan berat
Yang satu ini udah tentu gan, barangkali kita belum tahu tentu dengan situasi jalur pemanjatan gimana. Apalagi yang udah tahu, tentu lebih me sti lagi. Misalnya jalurnya berbatu cadas, bila pakai sebatu insyaAllah lebih aman bila pakai sepatu, jadi bila ada batu yang tajam tidak akan menciptakan kaki anda sakit.

Melindungi kaki dari gigitan binatang,
Kaki tersebut kan dekat dengan tanah, jadi mempunyai resiko sangat besar terhadap fauna riskan yang menempati tanah. Misalnya ular, kelabang, kalajengking dan sebagainya (ini bukan mendo’a-in ya gan). Kalau gunakan sepatu insyaAllah tentu akan lebih terlindung dari hewan-hewan tersebut.

Melindungi kaki dari tumbuhan berbahaya,
Tanaman riskan itu contohnya tanaman yang beracun dan atau berduri. Ane masih ingat dulu ane naik Gunung Cabang di Pulau Karimata (pernah dengar nggak gan? bila pengen tahu PM aja, hehe #iklan). Disana tidak sedikit sekali tumbuhan berduri, terdapat rotan, terdapat terong hutan, dsb. Nah pas masih dikaki gunung, rekan ane yang gunakan sendal kakinya nyangkut di sebuah tanaman. Pas ane lihat, antara jari ibu jari dan telunjuk kakinya udah berdarah-darah, lukanya kayak tercabik-cabik kecil gitu. Ngilu ane liatnya gan. Kalau gunakan sepatu, kejadian kayak gini insyaAllah dapat dihindari.

Melindungi kaki dari dingin dan panas,
Dingin dan panas ialah dua urusan yang gak barangkali kita hindari dalam sebuah pendakian. Di gunung tersebut kan panasnya membakar, pas dingin rasanya menusuk. Nah, disini sepatu bakal sangat urgen untuk mengayomi kaki dari sengatan panas dan tusukan dingin.

Mencegah keseleo atau terkilir,
Kalau yang satu ini katanya teman, ini khusus bikin sepatu yang memblokir sampai diatas mata kaki gan, bila ane sendiri belum ngalamin dan tidak cukup ngerti pun gimana sepatunya ngelindungin dari keseleo atau terkilir. Tapi bila logikanya sih barangkali sepatu dapat menjadi penopang pergelangan kaki supaya tidak merasakan gerakan yang terlampau frontal dan keras ketika kita terpeleset misalnya.

Mungkin agan-agan terdapat yang lebih pengalaman, silahkan di share di kolom komentar dibawah gan. Segitu dulu sharing dari ane gan, mudah-mudahan bermanfaat. O iya, bila agan berencana untuk melakukan pembelian sepatu, belilah cocok dengan kebutuhan. Sepatu jenis apa yang agan butuhkan. Untuk tersebut agan dapat membaca jenis-jenis sepatu untuk memanjat gunung disini akasaka outdoor

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *