Ingin Membuat Usaha Modal Kecil di Desa? Buka Usaha Ini Saja!

Dalam membangun sebuah usaha, kepercayaan tentu menjadi landasan utama. Beruntungnya untuk warga desa, masyarakatnya masih menerapkan sikap kekeluargaan dan mash menaruh kepercayaan yang besar antara satu sama lain dengan warganya. Nah, bagi Anda yang ingin berbisnis dengan modal usaha kecil, sikap ini bisa menjadi pertolongan. Anda bisa join dengan sesama warga kampung untuk membangun sebuah usaha. Tentunya, dengan syarat dan kesepakatan yang jelas.

Salah satu usaha yang sangat digemari modal usaha kecil dan cocok untuk dibudidayakan di pedesaaan adalah pembibitan lele dan ternak ayam kampung. Mengapa dua hewan ini dipilih? Pasalnya, lele dan ayam kampung sering dijadikan konsumsi masyarakat dan laris-manis di pasaran. Sudah tidak terhitung para pebisnis hewan-hewan ternak ini yang sukses mengembangkan usahanya.

Nah, untuk memulai usaha pembibitan lele, Anda bisa membangunnya di belakang rumah atau lahan yang memang sudah disiapkan. Buat sedemikian rupa hingga tiba saatnya panen, Anda akan melihat hasil baiknya. Untuk pembibitan lele sendiri, usaha yang dimaksud yakni memelihara indukan untuk menghasilkan ribuan bibit yang bisa Anda jual kembali. Cukup menyediakan lahan, indukan, dan pakan seperti cacing sutera, maka Anda bisa mengembangkan usaha ini. Panenlah bibit saat sudah mencapai ukuran tertentu dan tunggulah para peternak besar datang mencari bibit pada Anda.

Jika Anda beternak lele untuk dijual konsumsi, maka Anda harus membesarkannya hingga ukuran tertentu yang siap dimasak. Anda juga harus menyiapkan kolam khusus untuk pembesaran lele. Jika sudah, maka tunggulah berbagai rumah makan dan pengepul datang pada Anda untuk mencari lele siap konsumsi.

Terakhir, jika Anda tidak suka lele, Anda bisa beternak ayam kampung. Banyak orang mencari ayam ini karena dagingnya yang dinilai tidak bisa digantikan oleh daging ayam potong. Kualitas nutrisi dan rasa daging ayam kampung juga menjadi penilaian tersendiri. Maka dari itu, beternaklah ayam satu ini dan lihat bagaimana Anda akan dengan mudah menjualnya di pasaran.

Demikian ulasan kali ini tentang modal usaha kecil untuk bisnis di desa. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *