Wedang Tahu di Jogja

Wedang Tahu, Kuliner Khas, Jogja, Akhmad Muhaimin AzzetSemangkuk kuliner istimewa ini tampak seperti bubur. Tapi ini bukan bubur, ini wedang tahu. Minuman ini terdiri dari air jahe dan kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai. Kembang tahu lembut sekali seperti tahu sutera.

Di Jogja, minuman yang dahulunya berasal dari Tiongkok ini, tidak/belum banyak yang jual. Pagi ini, seusai mengantar pesanan Tasuba (tahu-susu bakso) ke Jl. Sisingamangaraja dan mengantar pesanan Sirup Wedang Jahe Khas Jogja ke lobi Hotel Amaris, saya ke Jl. Asem Gede (Kranggan) untuk menikmati wedang tahu ini. Semangkuk harganya Rp.6.000.

Penjualnya bernama Bu Sukardi. Buka dari jam 07.30 pagi sampai habis (biasanya habis jam sepuluh atau sebelas siang). Selain di Jl. Asem Gede, wedang tahu juga ada di Pasar Patuk Jogja. Penjualnya bernama Pak Sukardi, suaminya.

Di daerah lain, minuman ini ada yang menyebut dengan kembang tahu, tahua, taua, tahwa, puding sutera, tofu fa, atau thew fu fa. Bagi sahabat yang ingin merasakan minuman khas yang lembut, hangat, dan segar ini, silakan mencoba.

Salam dari Jogja,
Akhmad Muhaimin Azzet

This entry was posted in Kuliner and tagged , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Wedang Tahu di Jogja

  1. Yulia says:

    Nah itu yang bikin pagi-pagi tadi ngiler. Liat di IG.. harganya lumayan terjangkau ternyata. Coba di Bandung ada. Pasti saya cicipin

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Teh Yulia, harganya lumayan terjangkau, padahal rasanya seger sekaligus menghangatkan badan.

  2. cariduitdot says:

    Ini nih makanan yang bikin kepengen terus ,, wkwkwk ,, mampir pak e ,,,

  3. sumarno says:

    aku nggak ngeh.. kembang tahu itu yang gimana ? mekarnya kapan ya ? 😀

  4. lia lathifa says:

    iya kirain kaya bubur sumsum, ini tahu biasa ya.. agak janggal sebenernya krn blm pernah coba, tapi kayanya enak nih perlu sekali2 bikin 🙂

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Bukan tahu biasa, Mbak Lia Lathifa, tapi kembang tahu, yang membedakan adalah proses membuatnya. Jadi, dibanding tahu biasa, ini lebih lembut. Coba deh 🙂

  5. dWi says:

    Iya ni kalo di daerah saya nyebutinnya tahuwa, duh segerrrrr enak makan ini kalo pas ujan2. Saya lama nih gk makan ini huhuhu jadi pengen 🙁

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Betul sekali, Mbak Dwi, ada yang menyebutnya juga tahuwa. Seger, anget, dan enak 🙂

  6. annosmile says:

    saya malah belum pernah nyicip minuman unik ini..
    padahal tinggal di jogja 🙁
    next time kudu buru2 nyicip nih 😀

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Weee, coba Sob, apalagi tinggal di Jogja, mudah kok nyari tempatnya 🙂

  7. Toni says:

    Marai ngeces

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *