Kopdar: Jalan-Jalan, Kuliner, dan Belajar Ngeblog

Sahabat tercinta di mana pun berada, kali ini saya akan menceritakan tentang kopdar saya dengan Pak Hariyanto Wijoyo, blogger Makassar, yang datang ke Jogja di bulan Maret kemarin.

Begitu mendapatkan kabar bahwa Pak Hariyanto telah mendarat di Jogja, malamnya saya bersama istri datang ke tempat Pak Hariyanto dan istrinya (Mbak Wieka Wintari) menginap. Ini adalah pertemuan pertama bagi kami. Obrolan hangat dengan penganan yang nikmat mengakrabkan kami di malam itu.

Sehari kemudian saya bersama Pak Hariyanto sengaja jalan-jalan ke Masjid Jami’ Baiturrahim yang berada di Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Masjid Jami' Baiturrahim, Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Masjid Jami’ Baiturrahim, Sopalan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

 

Pak Hariyanto memotret masjid dari tepi kolam dan di bawah rimbun bambu.

Pak Hariyanto memotret masjid dari tepi kolam dan di bawah rimbun bambu.

Setelah menikmati kesegaran air wudhu, shalat Dhuha, dan memotret, kami meneruskan jalan-jalan ke Candi Sambisari yang berada di daerah Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Perjalanan dengan naik sepeda motor menuju candi sengaja kami tempuh melalui jalan-jalan kampung dan melewati jembatan yang kanan kirinya bertebaran kolam ikan.

Foto bersama Pak Hariyanto di Candi Sambisari.

Foto bersama Pak Hariyanto di Candi Sambisari.

Kenapa Candi Sambisari jadi pilihan? Candi ini menarik karena tempatnya yang berada di bawah bila dilihat dari hamparan tanah sekitar. Sebelum ditemukan, candi ini dulunya pernah terkubur akibat erupsi Gunung Merapi. Bisa dibayangkan bangunan candi yang umumnya di atas tanah menjadi tertutup tanah tentu erupsi Gunung Merapi pada waktu itu begitu besar.

Setelah berkeliling area candi, kami melanjutkan perjalanan ke tempat kuliner yang lagi ngehits, yakni Saoto Bathok Mbah Katro yang berada di utara Candi Sambisari. Aslinya soto, tapi disebut saoto karena demikianlah pada zaman dulu para orangtua menyebut saat penjajahan Jepang (begitu cerita penjualnya).

Menikmati soto daging di gubuk-gubuk bambu yang berada di pinggir desa dan diapit sawah betapa nikmatnya. Apalagi harga per porsinya sangat murah, hanya lima ribu, Bro. Soto ini semakin nikmat karena kecambah yang dipilih sebagai campuran adalah kecambah yang panjang. Dinikmati bersama tempe yang digoreng kering, hmm… maknyus.

Berikut adalah kolase urutan foto kopdar kami (kolase dalam foto ini adalah milik Pak Hariyanto):

(1) Malam senin saya bersama istri kopdar bareng Pak Hariyanto Wijoyo, Mbak Wieka Wintari, Pak Basri dan istri; (2) hari Selasa bersama Pak Hariyanto di Masjid Jami' Baiturrahim Sopalan; (3) di Candi Sambisari; (4) menikmati saoto bathok Mbah Katro; (5) kopdar episode saya belajar ngeblog kpd Pak Hariyanto di warung kopi Secangkir Jawa.

(1) Malam senin saya bersama istri kopdar bareng Pak Hariyanto Wijoyo, Mbak Wieka Wintari, Pak Basri dan istri; (2) hari Selasa bersama Pak Hariyanto di Masjid Jami’ Baiturrahim Sopalan; (3) di Candi Sambisari; (4) menikmati saoto bathok Mbah Katro; (5) kopdar episode saya belajar ngeblog kpd Pak Hariyanto di warung kopi Secangkir Jawa.

Sebelum Pak Hariyanto dan istri melanjutkan perjalanan ke Bandung, kami kopdar lagi di tempat nongkrong yang asyik, yakni di Secangkir Jawa. Tempatnya berada di utara Stadion Maguwoharjo.

Kopdar kali ini khusus bagi saya belajar ngeblog kepada Pak Hariyanto. Maka, sengaja saya membawa laptop untuk bertanya sekaligus dibimbing oleh Pak Hariyanto dalam ngeblog yang lebih joss. Sungguh, terima kasih banyak ya, Pak Hariyanto, atas kemurahan hatinya dalam berbagi ilmu ngeblog.

Pak Hariyanto begitu sabar mengajari saya ngeblog.

Pak Hariyanto begitu sabar mengajari saya ngeblog.

 

Menikmati secangkir kopi di pinggir sungai dan di bawah rimbun bambu, hmm....

Menikmati secangkir kopi di pinggir sungai dan di bawah rimbun bambu, hmm….

 

Ngeblog jadi semakin joss...

Ngeblog jadi semakin joss…

Demikianlah sahabat tercinta, cerita kopdar saya yang sangat menyenangkan. Semoga suatu saat nanti saya dapat kopdar lagi dengan Pak Hariyanto dan atau dengan sahabat blogger lainnya.

Salam blogger persahabatan,
Akhmad Muhaimin Azzet

This entry was posted in Kopdar and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to Kopdar: Jalan-Jalan, Kuliner, dan Belajar Ngeblog

  1. Lidya says:

    indahnya silaturahmi ya pak

  2. Wah, sangat menyenangkan ya ketemu sohib blogger, Mas. Kulinernya itu loh, plus ttambah ilmu juga. Kopdar memang selalu asyiiiik!

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Menyenangkan banget, Mas Belalang, apalagi kuliner sekaligus mendapatkan ilmu. Joss dah πŸ™‚

  3. Assalamu Alaikum pak wah saya saja yang satu kampung dengan pak haryanto belum pernah ketemu semoga akan terus terjalin persahabatan itu

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Semoga suatu saat dapat bertemu yaaa. Kuliner sekaligus menulis destinasi yang menarik.

  4. adi says:

    Maknyus, bisa kopdaran bareng pak Hariyanto Wijoyo…

  5. Hastira says:

    asiknya bisa bertemu teman yang tadinya ngobrol lewat dunia maya , sekarang bisa bertatap muka.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Bu Hastira, ini pertemuan pertama dengan Pak Hariyanto, tapi langsung akrab karena sebelumnya terjalin di dunia maya.

  6. kania says:

    asiknya bisa kopdaran dengan teman blogger. selama ini saya belum bisa ikuti acara2 kopdar..

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Asyik, Mbak Kania. Semoga di lain waktu dapat kopdaran ya, Mbak.

  7. Jalan-jalan menuju obyek wisata di Yogya sambil menikmati kuliner lokal dan belajar ngeblog sesama blogger itu sungguh nikmat ya Pak, kita bisa saling tukar pikiran dan langsung salaing mengenal dan belajar dari pengalaman masing-masing di lokasi, pengen sekali rasanya seperti itu.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Nah, perpaduan itulah yang menurut saya memang maknyuss banget, Pak Indra Kusuma Sejati. Sippp…

  8. wow…sudah dibuatkan postingan ya pak,… saya baru ngedraft bahannya untuk dijadikan postingan..,
    alhamdulillah, pertemuan ini memang mengesankan, diajak kesana kemari menikmati yogya dan mendapatkan keramahan dari Pak Azzet, seorang blogger Yogya itu benar-benar ngangenin…insya Allah , smoga kelak bisa jumpa lagi pak…
    salam hormat saya dan istri untuk keluarga pak Azzet, jangan pernah bosan ktemu dengan saya ya loh pak πŸ™‚
    keep happy blogging always..salam dari Makassar – Banjarbaru πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Pak Hariyanto. Ooo, tentu saja tidak bosan, Pak. Semoga suatu saat kalo ke Jogja lagi kita dapat mengunjungi destinasi yang lainnya πŸ™‚

      Salam hormat juga ya, Pak.
      Salam hangat penuh persahabatan dari Jogja.

  9. Awan says:

    Seru bangat Ya Kang Kopdarnya, bukan kopdar biasa.
    Ada wisata sejarah, kuliner dan belajar juga… Komplit πŸ™‚

    Indahnya silaturahmi πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Seru banget, Mas Awan. Ini kopdar yang asyik, hehehe…
      Makasih banyak yaaa πŸ™‚

  10. Enak emang kalau bisa kopdar, bisa ketemu langsung sama temen-temen ngeblog kita. Selama ini cuman bisa ngobrol melalui medsos, kalau udah ketemu bisa ngomong panjang lebar… ^_^ Dan juga sebagai ajang silaturahmi.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Benar sekali, Mas Jefry Dewangga, kopdar sangat bermanfaat bagi seorang blogger. Bisa menjadi penyemangat tersendiri sekaligus bisa menambah banyak pengetahuan baru tentunya.

      • Ya mas, tapi sayangnya saya ndak pernah kopdar. πŸ˜€ Soalnya masih kbentur sama sekolah. Semoga saja nanti kalau liburan bisa ada waktu kopdar.

  11. Sharingnya menarik banget mas.. Baru tau saya klo jadi blogger itu banyak kawannya.. Padahal kan lebih banyak di depan laptop yah? hehe..

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Hehehe, meski banyak di depan laptop kan blogger juga berhubungan dengan para pengunjung blognya. Jadi banyak pula kawannya πŸ™‚

  12. Idah Ceris says:

    Saya betah banget pas singgah di candi sambisari, Pak. Hijaunya, tukang bersih2nya, bikin betaah.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mbak Idah Ceris, tapi sayang sekali waktu itu kita ga ketemu ya, padahal jarak dari candi itu dengan tempat tinggalku bisa ditempuh dengan jalan kaki lho, hehe…

  13. angki says:

    wah serunya pak kopdar sambil berbagi ilmu mantap abis pak akhmad…. semoga bisa jodoh dah kesampean sampe sambisari mantap…

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Seru dah, Mang Angki, hehehe…
      Semoga suatu saat Mas Angki sampe juga di Sambisari, bisa motret-motret sekaligus kopdar.

  14. prih says:

    Indah sekali Makasar dan Yogya dipertemukan berkat ngeblog ya Pak. Wisata religi, candi dan kuliner dengan pilihan yang keren. Berbagi ilmu disetiap kesempatan, Salam.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Pertemuan yang indah, Mbak Prih, maka mesti dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, termasuk saya mesti nimba ilmu dari blogger yang lebih berpengalaman.

  15. Heri Purnomo says:

    Kopdar selalu menyenangkan, teman baru, pengalaman baru, ilmu baru dan banyak lagi hal baru. πŸ™‚
    Boleh gak kopdar dengan pak Ustadz kapan2 hehe.

    salam
    HP

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Waaah, tentu saja boleh, Pak Heri Purnomo. Semoga suatu saat kita bisa kopdar yaaa πŸ™‚

  16. Wahhh hampir mirip dengan cerita saya