Kopdar Istimewa di Bulan Puasa

Kopdar istimewa blogger JogjaKali ini saya akan menceritakan sebuah kopdar yang menurut saya sungguh istimewa. Mengapa? Pertama, karena ini terjadi di Kota Jogja yang merupakan sebuah Daerah Istimewa. Kedua, terjadi di bulan puasa yang sudah tentu ini juga bulan istimewa. Ketiga, meski dilakukan secara mendadak, namun yang datang pun para sahabat yang istimewa. Keempat, acaranya juga menarik dan istimewa. Berikut ceritanya yang istimewa itu, hehe…

Tanggal 19 Juli 2013 adalah jadwal Kak Adin untuk bercerita di depan santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-MuhtadinΒ sekaligus acara buka puasa bersama. Pada pagi harinya, saya mendapat SMS dari Kak Adin untuk menghubungi para sahabat blogger Jogja, siapa tahu berkenan hadir sekaligus kopdar. Supaya lebih asyik, Kak Adin menyampaikan agar saya mencari rumah makan yang tidak jauh dari masjid agar kopdarnya lebih maknyus. “Saya sponsornya,” begitu SMS Kak Adin. Siaaap, Kak, hehe…

Tidak pakai lama, saya langsung menghubungi beberapa sahabat blogger Jogja via SMS. Beberapa nomor sahabat saya juga dikasih Mbak Phie. Tidak hanya blogger Jogja, bahkan Mbak Idah Ceris yang biasanya sering hadir di Jogja juga saya hubungi. Pengumuman juga saya pasang di wall facebook saya dan grup top markotop Warung Blogger.Β Beberapa sahabat langsung menyatakan siap untuk hadir; beberapa di antaranya sudah punya acara sehingga terpaksa tidak bisa hadir.

Jum’at sore, ba’da ashar, pada jam yang ditentukan, Kak Adin datang lebih awal karena segera bertugas untuk mendongeng di depan santri TPA Al-Muhtadin. Tidak lama setelah itu, Mbak Phie datang, lalu Mbak Ratnawati UtamiΒ (Mbak Ami), Mbak Sarry Cahya Baroto (Mbak Tiffa), dan Mas Opick. Tak lama setelah Mas Opick datang, Uda Hardi Vizon yang sedianya mau datang memberikan kabar tidak bisa hadir karena ada acara mendadak. Dan, berikut liputan kopdar istimewa tersebut dalam bentuk foto.

1 pembukaan dongeng islami

Pembukaan acara oleh kepala TPA Al-Muhtadin.

2 kak adin tampil memukau di depan santri

Kak Adin tampil memukau di depan santri.

Setelah acara mendengarkan dongeng, acara dilanjut dengan berbuka puasa dan shalat maghrib berjamaah di Masjid Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru. Setelah shalat, kopdar diteruskan dengan bincang-bincang santai di RM Selaras yang lokasinya tidak jauh dari masjid.

3 berpose dulu sebelum pesan makanan

Berpose dulu sebelum makan, hehe…

5 ayamnya maknyuss

Hmm…, pedas dan gurihnya menggoda.

6 menunya tampak sederhana, tapi sensasinya luar biasa

Menu yang tampak sederhana, tapi sensasinya luar biasa.

7 ayo mbak dimakan, nunggu apa lagi

Ayo Mbak, segera dinikmati, nunggu apa lagi πŸ™‚

8 blogger asyik bercerita

Asyik bercerita di kopdar istimewa.

9 terpana

Kak Adin dan Mas Opick terpana mendengarkan cerita.

10 pose bersama

Dari kiri ke kanan: Mbak Ami, Mbak Phie, Mbak Sarry, saya, Kak Adin, dan Mas Opick.

11 mbak phie dan mbak sarry

Mbak Sarry dan Mbak Phie; hangat dan akrab.

12 sebelum pulang, foto bersama di depan selaras

Foto bersama sebelum pulang (Mbak Ami sudah duluan beberapa saat sebelumnya)

 

Demikianlah cerita tentang kopdar yang istimewa ini. Semoga menginspirasi kita semua untuk senang bersilaturahim dan menjalin persaudaraan. Salam hangat selalu dari Jogja.

This entry was posted in Kopdar and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

43 Responses to Kopdar Istimewa di Bulan Puasa

  1. alhamdulillah, indahnya kopdar blogger πŸ™‚
    jadi pengin juga nih, yg di Semarang kapan ya

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Alhamdulillaah…, memang indah sekali kok, Mbak Uniek Kaswaganti, acara kopdar begini πŸ™‚ semoga Semarang segera menyusul, hehe…

  2. Phie says:

    Waah, ada saya πŸ˜€
    Seru memang kopdar sekalian bukber kemarin, Pak.
    Banyak ilmu yang dibagi, sampai ngelantur lupa waktu ya hehehe

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iyaaa, ada Mbak Phie πŸ™‚
      Bila sudah saling berbagi begitu waktu terasa cepat berlalu ya, Mbak. Semoga di lain waktu ada kopdar lagi yang lebih seru tentunya. Aamiin….

  3. uwaaa,inilah indahnya silaturrahmi ya pak,,bisa kopdar berbagi cerita jadi deh saudara πŸ˜€

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Nah…, harapannya itu, Mbak Hanna HM Zwan, jadi saudara itu lho yang penting. Makasih banyak ya, Mbak, telah singgah kemari.

  4. dani says:

    Istimewa sekali Pak Azzet kopdarnya, apalagi ditambah ayam sambelnya itu. hehehehe *salah fokus*

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mas Dani, istimewa sekali, hehe…
      Soal ayam sambel itu bukan salah fokus, Mas, karena itu termasuk bagian yang istimewa itu πŸ™‚

  5. Waau… beginilah kopdar ala Pak Ustadz…
    semoga silaturahmi tetap terjalin terus

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Waau…, Pak Insan Robbani bisa saja, kopdarnya sama kok, Pak, yang penting kan jalinan silaturahimnya, hehe…

  6. masopickaza says:

    Ehh seru banget apalagi yang ceramah adalah kak adin seorang pendongeng kelas atas mantabss hahaha, tapi rasanya malu juga kalau link opickazanya pakai akun fb nih…. blog saya banyak kok pak ust dri topiknugroho.com,blogspot,wordpress,sampai dummy dummy blognya

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mas Opick, dongeng Kak Adin seru, tidak hanyak anak-anak yang terbawa imajinasi, kita pun juga πŸ™‚
      Ahaa, maaf soal link, Mas, tadi waktu membuat tengak-tengok, supaya lebih cepat ngelink ke fesbuk; tapi sekarang sudah diperbarui kok, Mas, hehe…

  7. opickaza says:

    banyak ilmu yng dapat diambil dari kak adin, seorang pendongeng kelas atas mantabss hahaha, tapi rasanya malu juga kalau link opickazanya pakai akun fb nih…. blog saya banyak kok pak ust dri topiknugroho.com,blogspot,wordpress,sampai dummy dummy blognya

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Sekarang sudah ngelink ke blog kok, Mas, hehe…
      Makasih banyak ya…

  8. asyiknya berbagi kebahagiaan di bulan ramadhan sesama blogger….yang pedas itu memang menggoda iman tampilannya πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Alhamdulillaah… ya Pak Hariyanto, semoga semakin mendapatkan rahmat-Nya.
      Hehe…, yang pedas itu apalagi melihatnya siang hari kala berpuasa, waduh… maaf ya, Pak πŸ™‚

  9. hana says:

    wahh masha alloh keren kopdarny

    sy blom pernah kopdar nih

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Alhamdulillaah…, makasih banyak ya, Mbak Hana; semoga ga lama lagi bisa merasakan sensanya kopdar, hehe…

  10. Ami says:

    Saya bersyukur bisa nanya soal uneg-uneg saya terdalam di kopdar ini Pak… jarang-jarang ngobrolin soal mendalam begitu dengan sesama blogger. Biasanya soal template, giveaway, monetize, yah begitulah. Terima kasih Pak…

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Alhamdulillaah…, saya juga bersyukur berjumpa dengan Mbak Ami. Makasih banyak ya, Mbak, atas share pengalaman yang mendalamnya.

  11. Aiih, jadi kangen Yogya. Kopdar seru dengan pak Azzet. Lebaran kali ini saya nggak mudik, gantian lebaran di jakarta dengan keluarga suami.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Jogja memang ngangeni nggih, Bu Niken.
      Jadi, ceritanya lebarannya gantian nggih, Bu. Kalo saya kebetulan istri orang Jogja, jadi lebaran hari pertama insya Allah di Jogja, di samping itu biasanya juga ada jadwal khutbah idul fitri, baru besoknya ke Jombang. Dapet deh kedua orangtua dan kedua keluarga besar silaturahim lebarannya, hehe….

  12. Cahya Baroto says:

    Ini kopdar blogger ke 4 saya. Ada yang istimewa lg Pak, kopdar dilaksanakan hari Jumat, hari istimewa bg umat Islam. Saya paling suka foto paling bawah, agak kaget pas melihatnya, ternyata foto dr samping, perut saya sdh tdk terlihat buncit lg, haha. Tapi kalau foto itu terlihat dalam kondisi besar (asli), serem bo’, mata saya bercahaya merah.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Kalo saya ini kopdar ke-3, Mbak. Oo iya ya, kopdar kemarin di hari Jum’at, hehe… Semoga berkah. Hmmm…, fotonya bagus-bagus kok, Mbak πŸ™‚

  13. Cahya Baroto says:

    Terima kasih sdh diundang diacara kopdar ini plus dikirimin foto2nya. πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Tentunya saya juga makasih banyak dengan panjenengan, Mbak, telah datang (meski harus keblasuk mencari alamatnya). Sungguh makasih ya…. πŸ™‚

  14. Mechta says:

    alhamdulillah…. indahnya silaturahmi di bulan penuh barokah ini… πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Alhamdulillaah…, iya Mbak Mechta, indah sekali silaturahim ini. Makasih banyak ya Mbak telah singgah kemari πŸ™‚

  15. Subhanallah, indahnya silaturahmi…
    semoga nnt suatu saat bisa sialturahim dengan mas azzet..

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Subhanallah walhamdulillah…
      Iya, Mas Dhymalk Dhykta, semoga suatu saat kita dapat silaturahim secara langsung alias kopdar.

  16. Lidya says:

    Allhamdulillah bisa saling bersilaturahim ya pak

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mbak Lidya, alhamdulillaah…. bahagia rasanya πŸ™‚

  17. iDah says:

    Sayang banget saya tidak bisa bergabung saat itu ya, Pak.
    Padahal ramai sekaliii. . .

    Saya mau ayamnya yang bertabur sambal maknyuus itu, Pak.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, sayang pake banget, coba kalo Mbak Idah bisa gabung, tentu makin seruuu, hehe….

      Semoga lain kali dapat kopdar dengan Mbak Idah pake ayam bertabur sambal maknyus ya, Mbak.

  18. Puji Lestari says:

    wah, ini kopdar plus buka bareng kemarin ya pak?
    sayang sekali saya pas pulang waktu itu, blm sempat menghadiri undangannya

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mbak Puji Lestari. Gimana wisudanya, sukses kan Mbak. Selamat ya, Mbak, semoga ilmunya bermanfaat dan semakin bahagia. Aamiin…

  19. kak adin says:

    mantab ustadz Muhaimin Azzet,,, dari silaturrahim kita banyak ilmu, saling bertanya dan memberi solusi, terbukti bisa menambah rizqi dan memperpanjang umur πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Benar sekali, Kak Adin, itulah kenapa saya senang ngeblog, salah satunya manfaat silaturahim yang semacam ini. Makasih banyak ya, Kak πŸ™‚

  20. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Begitu juga dengan saya ya, Pak Hariyanto
      Tentu selama ini banyak salah dan khilaf
      Maka, sungguh dengan ketulusan hati
      Saya mohon maaf, lahir dan batin
      Taqabbalallahu minna wa minkum
      Selamat Idul Fitri 1434 H