Indahnya Kopdar Blogger Nusantara 2013 di Desa Tembi

2 Akhmad Muhaimin Azzet, Tembi Rumah Budaya

Duduk pagi-pagi di teras rumah Tembi

Setelah seharian mengadakan kopdar di Joglo Abang, malam Minggu, 30 November 2013, para peserta Kopdar Blogger Nusantara bersama-sama menuju Desa Tembi yang asri di Kabupaten Bantul. Desa ini terkenal damai, indah, banyak kerajinan, dan otomatis banyak pula dikunjungi para wisatawan, baik domestik maupun manca.

Para peserta menuju Desa Tembi dengan naik bus-bus yang disediakan oleh panitia. Sedangkan saya naik sepeda motor berboncengan dengan Pakde. Beruntung Mbak Sarry Cahya juga naik sepeda motor, jadi terasa lebih seru menyusuri jalanan di Jogja kala malam.

Sesampai di Desa Tembi, para peserta tampak mulai lelah karena seharian beracara di Joglo Abang. Tampak mata-mata itu mulai sayu dan mengantuk. Di halaman masjid, para peserta didata kembali untuk menempati rumah-rumah penduduk yang disediakan untuk para blogger.

Saya dengan Pakde menuju ke Tembi Rumah Budaya yang sudah dipesan sebelumnya oleh Mas Nuzulul Arifin. Di Tembi, betapa nyamannya; Pakde menyeruput kopi, saya teh panas, dan Mas Nuzulul memilih secang. Mata yang mengantuk langsung hilang. Bercengkerama di teras rumah Badegan yang di bawahnya berkecipak air yang diriakkan ikan-ikan jadi semakin asyik.

Pagi harinya, saya mengabadikan beberapa rumah dan tempat yang ada di Tembi Rumah Budaya. Berikut foto-fotonya.

1 Akhmad Muhaimin Azzet, Tembi Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya, tampak dari depan

3 foto dari Pakde Cholik

Sarapan nasi goreng di Tembi (foto Pakde Cholik)

4 Akhmad Muhaimin Azzet, Tembi Rumah Budaya

Rumah yang asri dan damai khas pedesaan

5 Akhmad Muhaimin Azzet, Tembi Rumah Budaya

Saya pun mengimpikan punya rumah seperti ini

6 Akhmad Muhaimin Azzet, Tembi Rumah Budaya

Keren ya mas bro…

7 Akhmad Muhaimin Azzet, Tembi Rumah Budaya

Tempat pentas seni yang menyatu dengan sawah, bila malam tentu indah sekali

8 Akhmad Muhaimin Azzet, Tembi Rumah Budaya

Seperangkat gamelan di bawah joglo, joss tenan

Tinggal di rumah Tembi Rumah Budaya memang terasa nyaman. Kita bisa merasakan sensasi tinggal di rumah kayu dengan lingkungan yang asri khas pedesaan. Bagi para sahabat yang ingin tahu lebih banyak foto atau suatu saat berkunjung ke Jogja dan ingin merasakan tinggal atau menginap di Tembi Rumah Budaya, silakan membaca postingan Pakde Cholik yang berjudul Semalam di Tembi Rumah Budaya.

Setelah memotret rumah dan tempat yang asyik tersebut, saya dan Pakde menuju ke perumahan warga Desa Tembi tempat para sahabat menginap dan beracara di hari Minggu, 1 Desember 2013. Para peserta diberi kebebasan untuk memilih acara yang disukainya. Ada sarasehan budaya, ada pula pentas dan lomba-lomba bersama para sahabat disabilitas.

Pagi menjelang siang itu, setelah bertemu dengan banyak sahabat, saya dan Pakde menuju ke homestay 17. Di sana telah berkumpul para sahabat blogger dari Jember dan lain-lainnya. Terjadilah kopdar di dalam kopdar, apa ya istilahnya yang tepat, hehe. Terasa gayeng dalam kopdar kecil ini. Di samping bertemu dengan para pendekar blogger dari Jember, bertemu pula Om Nh18, Mbak Una, Mbak Idah, Mas Misbachudin, dan lain-lain. Berikut foto dalam acara ger-geran tersebut.

9 Akhmad Muhaimin Azzet, Desa Tembi, kopdar Blogger Nusantara

Di teras inilah kopdar ger-geran berlangsung seru

Kopdar Blogger Nusantara, Pakde Cholik, Anna Fardiana, Akhmad Muhaimin Azzet, Nh18

Seusai dari homestay 17 ketemu juga dengan Mbak Anna Fardiana (foto Mbak Anna Fardiana)

Demikianlah, para sahabat, liputan saya mengenai Kopdar Blogger Nusantara 2013 hari kedua yang berlangsung di Desa Tembi. Terima kasih kepada semua para sahabat, baik yang sempat menyapa maupun yang belum. Semoga persahabatan kita semakin akrab dan kita pun semakin senang berbagi melalui sebuah media yang bernama blog.

Salam blogger penuh persahabatan,
Akhmad Muhaimin Azzet

This entry was posted in Kopdar and tagged , . Bookmark the permalink.

58 Responses to Indahnya Kopdar Blogger Nusantara 2013 di Desa Tembi

  1. whiz says:

    Wah asyiknya nginep di Tembi..saya amalah malemnya ngluyur sampe 0 km pak Azzet. Nginepnya didkt Pesantren Krapyak

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Wah…, ngeluyur sampe 0 km Jogja tentu asyik juga tuh, apalagi nginep di dekat Pesantren Krapyak.

  2. Topics says:

    ngayogyokartoo bangeets jowoni bangeets om hehe

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mas Topics, nuansa Jawa sangat terasa di sini. Njowoni, hehe…

  3. M. Syafi'i says:

    Semoga semakin kedepan semakin erat persaudaraan ini y pak.. Dan membawa perubahan yg positif.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Naaah, itu harapannya, Mas M. Syafi’i, sehingga dengan eratnya persahabatan akan banyak kebaikan yang terjadi. Aamiin…

  4. Pakies says:

    subhanalloh, membuat hati saya jadi kepincut kalo ngomongin masalah kampung yang masih asri dengan segala kearifannya. Mudah-mudahan suatu saat ada kesempatan mengunjunginya, apalagi kalo bareng Njenengan. Kebetulan sepupu saya tinggal di Purwomartani

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Subhanalloh walhamdulillah…
      Jadi kehidupan terasa mengalir selaras dengan asrinya lingkungan ya, Pak Ies.
      Ohya? Waah, itu berarti satu desa dengan saya, Pak. Semoga suatu saat ketemu ya, Pak.

  5. nh18 says:

    This is the beauty of Blogging …

    Kopdar di Pavillyun 17 itu memang gayeng sangat …

    Salam saya Uztadh

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Om Nh18, this is the beuty of Blogging…
      Makasih banyak ya, Om, atas semuanya.

      Salam juga dari Jogja.

  6. jadi ngiri beneran saya setelah membaca postingan ini, mulai , naik motor bareng pak dhe, dan kenikmatan saat menginap di tembi rumah budaya, kemudian kopdar in kopdar di homestay 17…semua menggambarkan keindahan pertemanan sesama blogger…luarbiasa,
    btw-secang itu apa ya πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Saya sepakat dengan panjenengan, Pak Hariyanto, ini semua memang menggambarkan pertemanan sesama blogger yang luar biasa.

      Ohya, secang adalah minuman yang berasal dari rebusa kayu secang sehingga airnya berwarna kemerahan dan dicampur jahe agar semakin hangat di badan. Supaya lebih nikmat kadang dicampur sereh dan sedikit kapulaga.

  7. wong yuja kok ora pernah menikmati wedang secang. wangun po ra? (kaboooooooooorrrr….)

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Mas Nuzul Arifin, oooo diminta menjelaskan tentang wedang secang main kabur aja, hahaha…

  8. Anton says:

    Wahh liat gambar2nya pasti seru bgt ya pak…sayang sekali aku gak bisa ikut BN, padahal pengin bgt bisa berjumpa sm panjenengan hehe…Semoga nanti ada kesempatan bersua dg panjenengan nggih pak…

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mas Anton, membaca-baca tulisan panjenengan sesungguhnya saya juga ingin bertemu. Semoga suatu saat ada kesempatan yaaa. Aamiin…

  9. Pakde Cholik says:

    Ini komentar lagi lho
    Tempat bermalam di Tembi memang asyik nich mas
    Kapan2 pengin ke ParangTritis
    Matur nuwun ya mas
    Salam hangat dari Surabaya

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Naaah, ini baru muncul Pakde, komentarnya, hehe…
      Menarik juga tuh Pakde ke Parangtritis, siiippp… Semoga nggih.

      Salam hangat dari Jogja.

  10. GoaGeol says:

    indahnya kebersamaan.. peserta yang datang dari daerah mana aja kang?

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, indah sekali kebersamaan, Peserta yang datang ada yang dari Jakarta, Bandung, Purworejo, Solo, Ngawi, Blora, Semarang, Surabaya, Jember, Malang, Madura, Jambi, dan lain-lainnya.

  11. lieshadie says:

    Meski saya tak bisa ke rumah budaya Tembi, melalui foto ini, kekaguman atas desa wisata Tembi makin menjadi..

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Jika begitu, semoga suatu saat dapat ke Tembi yaa…

  12. Mechta says:

    sayang tak ikut di kopdar mini homestay 17..keburu pulang duluan agar bisa kopdar dengan ibu & kakak di Kasongan je..hehe…

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Wah, kopdar dengan ibu dan kakak di Kasongan tentunya juga seru ya, Mbak…

  13. RZ Hakim says:

    Kopdar yang indah, kopdar di dalam kopdarnya juga alangkah indahnya πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Sulit menemukan kata selain indah itu ya, Mas RZ Hakim. Mantap πŸ™‚

  14. cheila says:

    nginep di tembi trus main ke parangtritis pak ustad..asyik tuhhh..malemnya nongkrong sampe pagi di malioboro.hihihi

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Naaah…, ide bagus itu, Bu Guru, mantaps…
      semoga nanti ada kopdar yang acaranya demikian πŸ™‚

  15. monda says:

    nah ini dia baru jelas lihat lingkungan desa Tembi..
    makasih foto2nya pak Azzet…, jadi pengen ke sini

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Sama-sama, Mbak Monda, makasih juga telah singgah kemari yaaa.

  16. Kapan ya event Blogger Nusantara ini diadakan kembali,
    aku mau ikutan juga..soalnya semua postingan mengenai BN2013 benar2 membuatku jadi cemburuan berat melihat keakraban sesama blogger yang benar2 asli tulus dan ikhlas, nggak dibuat-buat

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Semoga #BN2014 nanti ada ya, Mbak Wieka, dan kita bisa ikut meramaikannya.

  17. sebentar-sebentar kopdar. kemarin di Joglo abang sekarang di tembi. enak banget pak. ajakin dong, pak!

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Ini serangkaian acara di #BN2013 kok, dan saya tulis dalam tiga postingan. Semoga di kopdar berikutnya bisa ngikut yaaa.

  18. Suasananya asyik banget ya pak. Tenang dan pastinya khas pedesaan banget πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, Mbak Ika Koentjoro, suasananya syahdu, hehehe…

  19. Ripiu says:

    Asri sekali rumah2 disana yah. kapan2 kesana ah.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iya, asri dan tampak alami. Semoga ke sana kapan2 ya Sob.

  20. mantab pak. pengalaman yg harus diabadikan, karena belum tentu diadain di jogja lagi dalam waktu dekat. πŸ˜€

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Setuju sekali, Mas Hanif Mahaldi, kemungkinan #BN2014 akan diadakan di kota selain Jogja.

  21. Lidya says:

    Allhamdulillah Pak Azzet bisa menghadiri kopdar disana ya, mudah2an lain waktu saya bisa ikutan juga

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Alhamdulillaah…, ya Mbak Lidya, semoga dengan bisa hadir di kopdar semakin mempererat rasa persaudaraan antarblogger.

  22. Raisa says:

    sarapan nasi gorengnya enak tuh pak azzet.. kita yg di tembi sarapannya pecel aja..hehe

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Berarti sarapannya sama-sama enak tuh, Mbak Raisa. Nasi goreng dan pecel sama joss, hehe…

  23. Ferdy Lpu says:

    kayanya enak banget ya kopdar… saya belum pernah ikutan…

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Dulu sebelum ikut kopdar saya belum bisa merasakan betul bagaimana enaknya kopdar, ternyata benar2 mengasyikkan.

  24. Susanti Dewi says:

    Terasa dan bisa terlihat suasana pedesaan yang asrinya πŸ˜€

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Bener banget, Mbak Susanti Dewim suasana pedesaan yang asri memang dijaga di sini πŸ™‚

  25. dedekusn says:

    Ikut merasakan indahnya melalui laporan2 blogger, walau sebatas tulisan. Berharap taun depan bisa ikut kopdar.
    Salam.

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Ikut mengamini, Mas Dedekusn, semoga di masa mendatang bisa ikutan kopdar yang menyenangkan seperti ini.

  26. keke naima says:

    nginepnya itu bukan di desa budayanya, ya? Tp di warga sekitar?

    Bikin ngiri kopdarnya πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Iye, nginapnya di rumah warga. Hanya saja saya dan Pakde Cholik nginep di Tembi Rumah Budaya.

  27. Fiz says:

    Rumah khas pedesaannya benar-benar asri. Saya membayangkan jika halamannya sedikit lebih luas, lengkap dengan sepetak kecil kebun cabe dan tomat. Di sisinya terdapat sebuah kolam lele. Maka sempurna πŸ™‚

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Di depan rumah yang saya tempati ada kolamnya, Mas. Tapi saya tidak menemukan cabe dan tomat, hehe… Mantap tuh Mas rumah seperti itu.

  28. Health News says:

    wahhh, kyaknya seru bgt tuh pak de… ikut donk kpan”… hehe

  29. Suasan Desa Tembi yang asri dan tradisonal membuat para pengunjung nya selalu kangen akan sebuah sensasi nilai seni dan tradisi masyaraktnya yang memiliki budi pekerti yang luhur.

    Salam,

    • Akhmad Muhaimin Azzet says:

      Benar sekali itu, Pak Indra Kusuma Sejati. Saya sendiri yang tinggal di Jogja kangen juga untuk kembali berkunjung dan menginap di Tembi.

      Salam hangat.