Cara Mengatasi Cegukan yang Terbukti Manjur

Pernahkah sahabat mengalami cegukan? Bila cegukannya hanya sebentar, lalu sembuh dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu, atau cegukan langsung sembuh setelah minum air hangat, tentu ini tidak masalah.

Namun, ada cegukan yang tak kunjung sembuh, meski berbagai cara sudah diupayakan. Bahkan, bisa dua sampai tiga hari. Tentu cegukan yang seperti ini akan sangat mengganggu dan tidak nyaman. Bahkan, rasanya capek cegukan.

Bila saya cegukan, cara ini terbukti sangat manjur. Tak perlu nunggu waktu nanti-nanti, setelah cara ini saya lakukan, langsung sembuh cegukan saya.

Caranya begini:

  1. Bila cegukan, duduklah dengan tenang. Sambil berdiri juga boleh.
  2. Masukkan jari telunjuk tangan kanan ke telinga kanan; masukkan pula jari telunjuk tangan kiri ke telinga kiri.
  3. Tutuplah lubang hidung kanan dengan jari jempol tangan kanan; tutup pula lubang hidung kiri dengan jari jempol tangan kiri.
  4. Menutup mulut dengan bibir atas dan bawah.
  5. Tahan napas. Tidak keluar dan tidak masuk. Baik melalui hidung maupun mulut. Tahan sampai kira-kira terasa akan tidak kuat, lalu lepaskan kedua tangan dari telinga dan hidung. Dan, keluarkan napas pelan-pelan melalui mulut.

Tetap duduk atau berdiri dengan tenang. Rasakan, cegukan sudah berhenti atau masih? Bila cegukan masih, ulangi lagi cara tersebut, berarti tahan napasnya kurang lama sedikit.

Biasanya saya sekali saja memakai cara tersebut, alhamdulillaah… cegukan sudah pergi. Atau, bila masih cegukan, ya saya ulangi sekali lagi. Seingat saya, kok saya belum pernah mengulangi sampai tiga kali.

Demikian ya, Sob, cara mengatasi cegukan berdasarkan pengalaman saya dan memang terbukti manjur. Semoga bermanfaat untuk kita bersama.

This entry was posted in Keluarga and tagged , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *