Bertakwa, Masihkah Ada Cobaan?

Bertakwa, Masjid, Taman, foto Akhmad Muhaimin AzzetApakah orang-orang yang bertakwa dalam kehidupannya sehari-hari akan terbebas dari segala macam cobaan atau ujian?

Marilah kita renungkan firman Allah ‘Azza wa Jalla yang artinya berikut:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ‘Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS. al-‘Ankabuut [29]: 2-3).

Cobaan atau ujian hidup itu senantiasa ada. Bahkan, orang-orang yang bertakwa barangkali cobaannya akan lebih berat, sebagai ujian yang hasilnya akan meningkatkan atau bahkan menurunkan kadar ketakwaannya. Bukankah pada hakikatnya kita menjalani kehidupan di dunia ini adalah ujian, dan kita lulus atau tidak, di Hari Perhitungan (Yaumil Hisab) kelak kita akan mendapatkan jawaban.

Tapi, yang jelas, dalam menghadapi ujian atau cobaan hidup, orang yang bertakwa akan menghadapinya justru sebagai alat atau ujian untuk semakin meningkatkan ketakwaannya. Dan, bila sudah demikian, percayalah bahwa Allah tidak akan tinggal diam terhadap hamba-hamba-Nya yang bertakwa. Pertolongan dan anugerah akan diberikan oleh Allah Swt. kepada orang-orang yang bertakwa.

Sungguh, cobaan atau ujian hidup itu diberikan oleh Allah bukan tanpa maksud atau tujuan. Cobaan atau ujian bukan hal yang sia-sia nilainya bagi seorang muslim, lebih-lebih bagi seorang muslim yang bertakwa.

Marilah bersama kita renungkan sebuah hadits yang shahih berikut, dari Abu Sa’id al-Khudri dan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhuma dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Seorang muslim tidak tertimpa penderitaan, sakit, kedukaan, kesusahan, kesakitan, kesedihan, bahkan duri yang menusuknya, kecuali karena semua itu Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya.” (HR. Bukhari).

Bila sudah demikian, masihkah layak ada kesedihan yang berlarut, bahkan sampai menyesalkan takdir Tuhan, bila cobaan atau ujian menimpa pribadi orang-orang yang bertakwa? Maka, orang yang bertakwa akan menghadapi cobaan atau ujian hidup dengan penuh kesabaran sambil terus mendekatkan diri kepada-Nya.

Semoga kita senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah Swt.

This entry was posted in Hikmah and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Bertakwa, Masihkah Ada Cobaan?

  1. nitalanaf says:

    Kalau ngelihat orang2 yang jauh lebih baik iman Islamnya, ujiannya juga jauh lebih besar. Kagum dengan kesabaran mereka.